Tips Mendapatkan Hits / PageViews Yang Tinggi pada Blog Tips Mendapatkan Hits / PageViews Yang Tinggi pada Blog

Tips Mendapatkan Hits / PageViews Yang Tinggi pada Blog

Sudah lama saya tidak menulis mengenai tips dan trik SEO sehingga artikel-artikel saya belakangan ini jarang dikomentarin seperti artikel-artikel lama saya yang banyak mendapatkan tanggapan yang positif. Memang saya sadari belakangan ini saya hampir kehilangan ide untuk membantu “pembaca” yang membaca artikel di blog ini terutama mengenai pelajaran SEO.
Tapi mungkin dengan sedikit wejangan di artikel ini, setidaknya ada setitik air di padang oase (bagi yang puasa, jangan pikirannya tertuju pada air secara fisik).

Artikel ini cocok untuk semua kalagan, baik anda yang blogger pemula, maupun bagi anda yang blogger yang sudah cukup senior (walaupun saya masih junior). Mungkin seringkali setelah kita sudah lama terlibat dalam dunia blogging, pelajaran paling mendasar dari teknik SEO kita lupakan, saya sendiripun mengalaminya. Karena setiap hari memikirkan bagaimana mencurangi search engine dengan konten-konten ala kadarnya (bahkan pelendiran), kwalitas kita lupakan, yang terjadi adalah kita hanya memikirkan TRAFIK dan TRAFIK ! Ya, memang trafik web dibutuhkan, tapi trafik itu datang dari mana? Setelah mendapatkan trafik, apa yang harus kita lakukan ? Bagaimana mengelola trafik ? Hmm.. beberapa pertanyaan tersebut yang akhir-akhir saya sadari.

Seringkali sesudah mendapatkan trafik dari search engine, kita tidak tahu bagaimana cara mengelolanya. Pembaca setelah membaca satu artikel kita, lalu pergi dan tdk kembali. Seperti banyak orang sudah tahu bahwa Alexa Rank ditentukan bukan hanya oleh page visit, tapi oleh page view. Sialnya lagi (sebenarnya bukan sialnya, tapi mutlaknya) website marketplace / afiliasi sering mengecek Alexa Rank blog kita sebelum mengapprove blog / web kita menjadi bagian dari partner mrk sebagai publisher. Contohnya dulu, ketika saya mengajukan iklan CpxInteractive, waktu itu page visit blog saya mendapatkan Alexa Rank 200,000 dengan estimasi pengunjung 1800 an orang, blog saya ditolak !
Tetapi beberapa minggu kemudian, Alexa Rank saya naik menjadi sekitar 170,000-an dengan estimasi pengunjung 1500 orang, tapi anehnya blog saya diapprove. Kenapa bisa begitu ? Karena blog saya walaupun mendapatkan visit yang tidak terlalu tinggi,tapi blog hit / pageview blog saya ternyata cukup tinggi.

Mungkin dengan sedikit ilustrasi diatas, anda bisa membayangkan begitu pentingnya pageviews / hits untuk blog anda?
Dengan realitas seperti kondisi diatas, saya terchallenge untuk memberikan anda beberapa tips dan trik bagaimana menaikkan jumlah pageview blog kamu. Cara ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengajukan iklan yang berbasis CPM seperti CpxInteractive, Doubleclick, Axill, bahkan Adsense.

Dibawah ini ada 10 cara mendasar yang menjadi modal untuk memperbaiki blog anda yang saat ini masih belum mendapatkan hit yang tinggi.

1. Pilih Themes Yang Bagus
2. Usahakan Memberikan “Related Post” (bisa secara plugin ataupun secara manual)
3. Bikin sebuah link keluar yang memungkinkan pengunjung membuka window baru setelah diclick sehingga artikel anda tidak “terkubur” oleh window baru -
(mis: blog keren)
4. Menambahkan gambar / banner yang atraktif / menarik pada link yang menurut anda akan banyak dibaca di blog anda (Most Popular Page).
5. Memberikan judul yang bagus pada setiap artikel atau setidaknya judul link yang bagus.
6. Berikan artikel yang positif dan informatif serta aktual sehingga menarik pembaca untuk penasaran membaca artikel-artikel anda yang lainnya.
7. Menambahkan Recent Posts / Recents Entries / Artikel Terakhir pada sidebar (recomended memang di sidebar) blog / web .
8. Menambahkan search box di blog supaya memudahkan pembaca mencari artikel dengan keywords yang mereka masukkan.
9. Usahakan tidak menaruh terlalu banyak content (baik gambar,video,banner,shoutbox,badges) yang terlalu berat sehingga pengunjung tidak terbebani dan malas untuk membuka blog anda, kalaupun anda bersikeras, usahakan tempatkan fitur-fitur tersebut di posisi yang tidak mengganggu pandangan mereka (misalnya di sidebar, footer, jangan di header post)
10. Lebih baik tidak hidupkan Autoplay pada content audio atau video sehingga pengunjung yang menggunakan layanan internet (Dial Up maupun ADSL Limited) tidak kapok karena tagihan yang akan membengkak karena tagihan !

Tulisan dari blog ini tidak terikat model platform blog anda, baik anda menggunakan Wordpress, Blogger, CMS dan lain-lain…
Silahakan mencoba !

Related Post: