Related Post, Bagaimana Agar Blog Tampil Menarik Related Post, Bagaimana Agar Blog Tampil Menarik

Related Post, Bagaimana Agar Blog Tampil Menarik

Berikut ini saya coba menyambung catatan pertama dalam rangkaian bagaimana agar blog tampil menarik? Catatan kedua ini lebih kepada faktor pendukung blog, dalam hal ini tag tambahan, widget, element, plugins atau aksesoris blog dari pihak ketiga baik yang sesuai dengan tema blog maupun yang berguna bagi para pengunjung blog Anda.

CATATAN KEDUA: Hidupkan kembali postingan Anda yang telah lalu.

Dalam rangka agar blog tampil menarik salah satunya adalah menghidupkan kembali postingan Anda yang telah berbulan-bulan tidak terjamah padahal siapa tahu postingan Anda tersebut memiliki nilai “jual tinggi”. Misalkan postingan tentang tips, tutorial dan petunjuk praktis nan mudah yang pernah Anda posting beberapa bulan kebelakang. Nah untuk menghidupkan postingan tersebut bagi Anda yang menggunakan wordpress self hosted bisa menggunakan plugin Related Post. Jadi setiap pengunjung Anda membaca postingan terbaru di bawahnya terlihat daftar postingan Anda yang terdahulu yang berhubungan dengan postingan terbaru berdasarkan keyword pasif maupun aktif.

Apakah bisa/ada Related Post untuk blogger (pengguna blogspot)…? Tentu saja bisa, bagi Anda pengguna blogspot bisa menampilkan posting yang berhubungan yaitu dengan menuliskan judul postingan dan linknya secara manual ke postingan baru :mrgreen: CPD. Jika itu yang dilakukan waktu Anda habis untuk mengedit postingan dan menyisipkan judul dan link postingan lama Anda. Untuk blogspot bisa menghidupkan postingan lama atau menampilkan posting yang berhubungan berdasarkan kategori dengan menambahkan tag related post, silahkan download dulu disini (unziddu).

Copy seluruh kode yang ada dalam file txt tersebut simpan tepat di bawah <data:post.body/> pada edit html blog Anda setelah sebelumnya menceklis Expand Widget Templates. Jika Anda telah menambah tag READ MORE sebelumnya, maka simpan tag Related Post For Blogger tersebut tepat di bawah <data:post.body/> yang pertama. Demikian Anda telah menghidupkan kembali postingan yang telah lalu dan memungkinkan blog Anda tampil lebih menarik dengan lebih banyak pilihan artikel.

Sekian dulu, meski sederhana namun semoga ada manfaatnya, nantikan catatan selanjutnya… :)

Related Post: