Makalah Tentang Sistem Komputer Makalah Tentang Sistem Komputer

Makalah Tentang Sistem Komputer

SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan (Onno W. Purba : 2000 ).
Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi.
1.1 Klasifikasi Komput er
Klasifikasi Komputer dibagi dalam beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan :
1. Jenis data yang diolah
2. Kemampuan Komputer
3. Ukuran fisik
4. Bidang Masalah

1.1.1 Jenis data yang diolah
a. Komputer analog (Analog computer)
Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat

b. Komputer Digital (Digital Computer)
Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika.

c. Komputer Hybrid (Hybrid Computer)
Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.





1.1.2 Berdasarkan Kemampuan Komputer

a. Small Scale Computer
• Disebut small scale mainframe computer
• Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB
• Dapat menangani puluhan terminal computer yang terpisah dari pusat computer

b. Medium Scale Computer
• Disebut medium scale mainframe computer
• Kapasitas memori antara 512KB s/d 8 Mb
• Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat computer

c. Large Scale Computer
• Disebut large scale mainframe computer atau mainframe computer
• Bentuknya besar
• Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB
• Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.

1.1.3 Berdasarkan Ukuran Fisik

a. Komputer mini (Mini Computer)
• Kapasitas memori antara 8 MB s/d 128 MB
• Menggunakan register 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit
• Bersifat multi user, yaitu sebuah komputer mini dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai

b. Komputer mikro (Micro Computer)
• Disebut personal computer (PC)
• Kapasitas memori 16 KB s/d 1 MB
• Menggunakan register 8 bit, 16 bit, dan 32 bit
• Umumnya di gunakan untuk single user


1.1.4 Berdasarkan Bidang Masalah
a. Special Purpose Computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.




b. General Purpose Computer
Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis

1.2 Konfigurasi Komputer

Sebelum mempelajari komputer lebih jauh ada baiknya anda mengetahui konfigurasi dasar komputer karena konfigurasi dasar komputer ini sangat berguna bagi anda yang baru belajar komputer dan konfigurasi dasar computer ini sejak pertama dibuatnya komputer hingga komputer saat ini . Komputer yang kita kenal saat ini terbagi menjadi 3 bagian (Robert C. Brenner : 1995):

1.2.1 Hardware (perangkat keras)
Hardware yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software. Perangkat keras terdiri dari:
a. Input device
Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam computer. Input device sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam CPU.
Contoh: keyboard, mouse, dll

b. Process device
Alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan-kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki. Process device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data atau instruksi.
Alat pada proses ini disebut CPU (Central processing Device)

c. Output device
Alat yang digunakan digunakan untuk menampilkan laporan hasil pengolahan dari input baik ditampilkan pada layar monitor ataupun cetak pada media lain.
Contoh: monitor, printer, dll

1.2.2 Software (perangkat lunak)
Yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki. Perangkat lunak ini dijalankan pada process device jika mendapatkan respon massukan dari input device dan hasil proses yang dilakukan oleh perangkat lunak dikeluarkan dengan output devise.
Contoh: DOS, Microsoft Windows, Unix, dan Linux

1.2.3 Brainware (perangkat pikir)
Yaitu orang yang menggunakan komputer. Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi. Perangkat fikir sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses yang dilakukan pada process device, karena computer hanya akan bekerja jika mendapatkan instruksi yang diberikan oleh perangkat fikir.
Contoh: operator, programmer, dan system analyst

1.3 Konfigurasi Hardware

Seperti telah dibahas di atas, hardware terdiri dari tiga bagian, yaitu input device, process device dan output device. Input device pada umumnya hanya dapat digunakan untuk memasukkan data atau instruksi, sedangkan output device hanya dapat mengeluarkan hasil pemasukkan data yang kita sebut informasi.namun kedua alat ini tidak akan berfungsi jika tidak didukung oleh process device karena process device sebagai penghubung antara input device dan output device dan sebagai alat untuk memproses input untuk menghasilkan output. Begitu pula dengan process device tidak akan berfungsi jika tersedianya data dan adanya instruksi yang dimasukkan melalui input device, sehingga ketiga bagian tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Data atau instruksi yang ada dalam process device hanya dikenal dengan angka 0 dan 1 aturan yang disebut biner, sehingga semua data atau instruksi yang dimasukkan dalam computer terlebih dahulu harus dikonversi ke dalam bentuk biner. Dan jika data atau instruksi tersebut akan ditampilkan dalam output, hasil yang akan dikeluarkan tersebut terlebih dahulu dikonversikan dari biner kebentuk ssemula.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar 1.1










Gambar 1.1 Skema konversi data






Untuk melihat secara garis besarnya mengenai konfigurasi komputer, kita bisa melihat pada gambar di bawah ini:


Gambar 1.2 Konfigurasi computer

Keterangan gambar:
Pertama kali data atau instruksi dimasukkan melalui input device dan disalurkan kedalam memori pada process device. Dari memori tersebut data atau instruksi dikerjakan dengan ALU sesuai dengan instruksi dan dikontrol dengan control unit apakah hasil instruksi tersebut sudah benar (sesuai dengan urutan instruksi dan benar tulisannya) atau belum. Pada control unit instruksi tersebut akan menampilkan informasi data ke mana? Apakah ke monitor atau printer atau alat output yang lain? Setelah dikontrol dengan control unit dan dilaksanakan pada ALU lalu data atau instruksi tersebut dimasukkan kembali ke dalam memori dan di keluarkan ke output device. Peralatan input dan output disebut peripheral device

• CU (Control Unit)
Digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan. Control unit berfungsi untuk menafsirkan maksud instruksi yang diterima dari memory, untuk menentukan langkah – langkah pelaksanaan, memanfaatkan system clock untuk sinkronisasi kegiatan, mengatur pemindahan data dan penggunaan device yang lain, seperti input/output (I/O) device.


• ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Yaitu bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan perhitungan aritmatik, logika dan membandingkan. ALU inilah yang merupakan otak utama operasi dari sebuah computer ,untuk melakukan proses pada CPU.

• RAM (Random Access Memory)
yaitu memori yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis. Memory ini menyimpan data maupun program bersifat sementara, yaitu data atau program tersebut akan hilang jika computer dimatikan, sehingga RAM akan selalu mengganti isimemorinya dengan data atau instruksi terbaru.

Adapun RAM terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

1. SRAM (static RAM)
Yaitu memori yang digunakan secara statis. RAM jenis ini digunakan untuk mempercepat proses yang dilakukan komputer

2. DRAM (dynamic RAM)
Yaitu memori yang digunakan secara dinamis. RAM jenis ini harus menggunakan catu daya listrik sendiri yang digunakan secara terus menerus

3. NVRAM
Yaitu memori jenis SRAM, tetapi memiliki catu daya sendiri melalui sebuah baterai, sehingga mampu menyimpan daya meskipun komputer dimatikan. RAM ini berfungsi untuk menyimpan jam, tanggal, dan konfigurasi memori

4. FRAM
Yaitu RAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai karena menggunakan medan magnet

• ROM (Read Only Memory)
Yaitu memori yang dapat membaca saja. Memori ini menyimpan program bersifat permanen dan berisi mikro program, yaitu program khusus yang bisa menggantikan fungsi perangkat keras tertentu. Contoh dari ROM ini adalah : CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) yaitu teknologi yang digunakan untuk mendeteksi konfigurasi BIOS (Basic Input Output)yang akan muncul pertama kali bila komputer dinyalakan.

Macam-macam ROM yaitu:

1. PROM (Programmable ROM)
Yaitu memori yang disimpan secara permanen dan tidak dapat diubah komputer atau pemakai. Memori jenis ini hanya bisa diisi satu kali saja

2. EPROM (Erasable Programmable ROM)
Yaitu memori disimpan tidak permanen dan dapat dihapus jika diinginkan. Untuk menghapus isinya dapat menggunakan sinar ultraviolet atau dialari dengan arus listrik

3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable ROM)
Yaitu memori yang dapat diisi dan dihapus secara elektrik




Control Unit
Merupakan salah satu bagian dari sebuah CPU yang berfungsi untuk mengontrol dari data atau instruksi


Gambar 1.3 Skema control unit

Cara kerjanya:
Pertama instruksi dari program masuk kedalam instruction register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan alamat instruksi sebelumnya untuk dikerjakan/dilaksanakan melalui control unit). Dalam instruction register, instruksi program tersebut di bagi dua bagian, yaitu instruksi yang berisi commant (bagian instruksi yang berisi perintah) dan instruksi yang berisi address (bagian instruksi yang berisi alamat dari data yang akan diproses). Instruksi yang berkenaan dengan command akan dikirim kebagian decorder atau (alat yang digunakan untuk pengkodean kembali atau suatu alat yang digunakan untuk mengubah unsure-unsur yang memilih signal mana menjadi output dari kombinasi-kombinasi sinyal input) dan yang berkenaan dengan adress yang akan dikirim ke address register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan atau melakukan variasi adress) dalam decorder command tersebut ditafsirkan untuk menentukan bagian-bagian yang harus bekerja. Pada saat bersamaan dalam address register akan mencari alamat data yang akan diproses. Setelah alamat data tersebut diproses, lalu dikirimkan instruksi tersebut kedalam program counter (register digunakan untuk mengisi address dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan atau kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan register yang menyimpan address dari instruksi yang sedang berjalan) untuk diisi dengan alamat dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan.
Pelaksanaan sebuah instruksi pada sebuah computer terbagi dua siklus kegiatan, yaitu (Setiawan Agung: 2007):
1. Instruction Cycle
Adalah pengambilan dan penafsiran instruksi dari dalam memori dan akan mengirimkan instruksi tersebut ke-control unit untuk melaksanakannya. Instruction cycle dalam pengambilan dan penafsiran instruksi terbagi menjai dua, yaitu :
a. Fetch adalah pengambilan instruksi dari memory dan mengirimnya ke control unit.
b. Decode adalah menafsirkan maksud dari instruksi dan mengirimkannya ke elemen yang akan melaksanakan.
2. Execution Cycle
Adalah pelaksana instruksi dengan cara selalu mengganti isi pada program counter dengan instruksi selanjutnya
Arithmatic and Logic Unit

Gambar 1.4 Skema ARITHMETIC and LOGIC UNIT
Cara Kerja:
Pertama-tama data/perintah yang berkenaan dengan perhitungan matematis disimpan ke dalam storage register (suatu alat untuk menyimpan informasi)agar dapat dimasukkan atau dipanggil melalui memori. Setelah semuanya tertampung lalu di kirimlah data tersebut ke dalam adder (suatu alat tambah elektronik yang menentukan tiga digital output addend, (augend dan carry) untuk di proses, yaitu jika proses aritmatik dengan jalan penambahan dan proses logika dengan jalan pengurangan dan akan menghasilkan sum dan carry. Addend adalah suatu operand yang di gunakan dalam fungsi tambahan hitungan. Bila addend ditambahkan dengan augend, akan membentuk hitungan (sum) yang akan menggantikan nilai semula dari suatu augend. Augend adalah kualitas dalam suatu operasi tambahan dimana addend akan di tambahkan menghasilkan sum. Carry adalah digit yang ditambahkan pada posisi digit yang paling tinggi berikutnya. Bila jumlah digit dalam posisi yang lebih rendah melampaui jumlah dasar akan ditambahkan dengan carry. Setelah diproses, lalu di kirim ke dalam accumulator (suatu lokasi penyimpanan untuk menyimpan hasil hitungan atau suatu unit elektronik yang melakukan pekerjaan hitungan)
Memori, CU, ALU dihubungkan oleh Bus. BUS dibedakan menjadi 3 fungsi , yaitu :
1. Control BUS
Jalur satu arah dari control unit untuk tujuan timing dan cotrolling

2. Address BUS
Jalur satu arah untuk tujuan untuk menemukan alamat dalam memori yang berisi data dan instruksi

3. Data BUS
Jalur dua arah untuk tujuan melalui mana data mencapai tujuannya

1.4 Konfigurasi software
Software atau perangkat lunak adalah serangkaian program, prosedur dan dokumentasi yang berhubungan dengan pengolahan data atau program yang digunakan pada semua system computer.
Klasifikasi Software terbagi menjadi (Robert C. Brenner : 1995):

• Sistem Operasi (Operating Software)
perangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. System operasi ditujukan untuk mengontrol I/O device, manajemen penyimpanan, manajemen data, penerjemah bahasa dan pelayanan lain yang behubungan dengan hardware. System operasi ini sangat dibutuhkan pada computer karena sitstem operasi digunakan pada awal bekerjanya computer atau sebagai penghubung antar hardware dengan software.

Fungsi dasar dari sistem operasi adalah:
a. Menjadwalkan tugas
Fungsi ini untuk mengurutkan pelaksanaan tugas dari pemakai computer sesuai dengan prioritas yang telah ditentukan organisasi atau perusahaan.

b. Mengelola sumber daya perangkat lunak dan perangkat keras
Dengan adanya system Operasi, sumber daya perangkat keras dan sumber daya perangkat keras dapat dikelola dengan baik., seperti menyimpan hasil kerja pemakai computer dalam penyimpanan fisik dan pembuatan program yang berbeda antara satu pemakai dengan pemakai yang lainnya untuk pemakaian sumber daya tersebut dengan kebutuhannya.

c. Menjaga keamanan system
Kini system operasi dikembangkan dengan menambahkan password pada awal dijalankannya system operasi tersebut, sehingga pemakai computer dapat dibedakan dalam memakai computer antara pemakai biasa ( user ), administrator, supervisor, dan jika password tersebut tidak ditemukan, pemakai computer yang tidak terdaftar dalam system operasi tidak dapat menggunakan computer tersebut. Dengan demikian, computer dapat terjaga dari tangan – tangan yang tidak mempunyai kepentingan terhadap perusahaan taua organisasi.

d. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
Fungsi ini berkenaan dengan pemakaian computer dengan cara multi programming, sehingga dengan sumber daya yang terbatas dapat digunakan secara optimal.

e. Menyimpan catatan pemakai
Pada system operasi yang baru, para pemakai computer dapat diketahui waktu dan lamanya pnggunaan computer tersebut, sehingga computer tidak dapat digunakan oleh orang tyang tidak berkepentingan dan akan dapat dikontrol dengan baik oleh department yang bersangkutan.

f. Menangani interrupt
Interrupt adalah suatu teknik yang digunakan oleh system yang digunakan oleh system operasi ntuk menunda sementara proses suatu program. Dengan adanya teknik ini, computer dapat diatur sendiri sesuai dengan yang kita inginkan, kapan computer dian dan bekerja.

• Bahasa Pemrograman
bahasa komputer yang digunakab untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer.
• Program Paket
program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai.



1.4.1 Bahasa Pemrograman
Adapun bahasa pemrograman yang dikenal saat ini:
1. Bahasa tingkat rendah (Low Level Language)
contoh : bahasa mesin dan bahasa rakitan

2. Bahasa tingkat menengah (Middle Level Language)
contoh : bahasa c

3. Bahasa tingkat tinggi ( High Level Language)
contoh : BASIC, COBOL, PASCAL, PL/I, ALGOL

1.4.2 Program Paket
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau diseut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi atau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan (Robert C. Brenner : 1995.)
Contoh : lotus 123, Dbase, dan Wordstar.

1.5 Konfigurasi brainware
Brainware yaitu orang-orang yang bekerja dengan menggunakan komputer. Brainware merupakan otak terpenting dari semua kegiatan komputer, karena tanpa brainware, komputer tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana yang kita harapkan

Brainware dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
• Operator
seseorang yang mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula dikatakan dengan seseorang yang menjelaskan tindakan untuk dilaksanakan.
• Programer
seseorang yang bertugas merancang, menulis, dan menguji komputer

• System Analyst
seseorang yang bertugas untuk melakukan spesifikasi penyelesaian masalah.



Instalasi computer







Gambar 1.5 Instalasi komputer
Keterangan gambar:
CPU pertama kali dimasukkan dengan data atau instruksi melalui input device atau sensor atau video atau kamera. Lalu data atau informasi tersebut diolah CPU dan akan dihasilkan informasi yang di keluarkan melalui output device yang akan digunakan sebagai laporan. Jika data yang di masukkan melalui modem dan telah diolah melalui CPU, hasilnya akan dikeluarkan dapat melalui modem itu sendiri atau dengan output device yang lain. Begitu juga data yang dimasukkan melalui Ethernet, hasilnya dapat di keluarkan melalui Ethernet itu sendiri atau melaui output device yang lain.
Peralatan sistem komputer
1. Peralatan Input
a. Keyboard
Alat yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci

b. Mouse
Alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerakkan objek gambar ke suatu tujuan di dalam layar monitor

c. Joystick
Alat yang digunakan untuk memindahkan objek gambar di dalam layar monitor


d. Scanner
Alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data (huruf/angka) dan gambar pada selembar kertas atau objek yang lain kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor

e. Lightpen
Alat yang menyerupai pena dan dapat memancarkan sinar untuk dituliskan langsung pada layar monitor atu pada bidang data yang khusus dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan pena khusus

f. Trackball
Alat yang digunakan untuk memindahkan kursor dengan cara menggerakkan bola

g. Touch Sreen
Alat untuk memasukkan data atau instruksi hanya dengan menyentuh permukaan layar monitor

h. Magnetic Ink Character Reader (MICR)
Alat untuk mendeteksi tulisan pada kertas yang ditulis menggunakan tinta magnet

i. Optical Character Reader (OCR)
Alat yang digunakan untuk menginterpretasikan dokumen sumber baik dengan printer maupun dengan pensil yang mempunyai sifat khusus

j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader
Alat yang digunakan untuk penilaian hasil test
k. dll

2. Perangkat Output
a. Monitor
Alat yang digunakan untuk mengobservasi, mengawasi, mengontrol atau melakukan verifikasi pada operasi suatu system atas kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya
Monitor dapat dibagi menjadi beberpa sudut pandang :
1. Dari sudut pandang tampilan
a. Alphanumeric Display
b. Graphic display
2. Dari sudut pandang warna
a. Monochrome display
b. Color display
 CGA ( Color Display Adapter)
 EGA (Enhanced Graphic Array)
 VGA (Video Graphic Adapter)
 SVGA ( Super Video Graphic Adapter)
 XVGA
b. Printer dan Plotter
alat yang digunakan untuk mencetak grafik, gambar dan data lain pada selembar kertas
Printer terbagi menjadi 3 jenis:
1. Impact printer (printer ketuk)
Umumnya printer jenis ini lebih mahal harganya dibandingkan denganjenis nonimpact.
Contohnya :
• Dot matric printer
o Kerapatannya 120-180 dot per inch
o Dapat mencetak tulisan
o Hasil cetakan kurang baik
o Menggunakan pita untuk pencetakan
o Menggunakan jarum-jarum sebagai kepala cetak
o Hasil pencetakan umumnya berwarna hitam

• Daisy wheel printer
o Mirip dengan mesin ketik biasa
o Roda akan berputar dan akan meletakkan kepala pada tempat sesuai hasil yang kita ketik
o Kecepatan kurang lebih 90 karakter per detik
o Menggunakan pita untuk percetakan
o Hasil pencetakan umumnya berwarna hitam

• Line printer
o Umumnya digunakan pada computer mainframe
o Kecepatan cetak lebih cepat dan kemampuan kerja yang tinggi
o Dapat mencetak 300 sampai 3000 per menit
o Sekali mencetak satu baris sekaligus
o Ukuran kecepatan menggunakan LPM (Line per minute)
o Kepala cetak terdiri dari 24 pin yang tersusun secara horizontal
o Hasil pencetakan umumnya berwarna hitam

• Page printer
o Kecepatan cetak lebih cepat
o Dapat mencetak sampai 500 halaman per menit
o Cara operasinya mirip mesin fotocopy

2. Nonimpact printer (printer tanpa ketuk)
Printer jenis ini harganya lebih murah dibandingkan komputer jenis impact printer. Printer nonimpact lebih cepat dibandingkan dengan teknologi impact, namun printer jenis ini dalam percetakannya tidak dapat mencetak kertas rangkap.
Contohnya :
• Ink jet Printer
o Hasil cetakan sangat baik dan halus
o Percetakan dilakukan dengan cara menyemburkan warna dengan menggunakan pita penyemprot
o Sudah dapat mencetak dengan berwarna
o Ukuran kerapatan menggunakan DPI (Dot per ink)

• Laser printer
o Menggunakan teknologi electrostatic
o Hasil pencetakan lebih baik dibandingkan dengan menggunakan ink jet printer
o Sangat baik untuk mencetak gambar
o Dapat mencetak dengan berwarna
o Ukuran kerapatan menggunakan DPI (Dot per ink)

• Thermal printer
o Printer menggunakan jarum yang dipanasi secara terpisah
o Menggunakan kertas khusus yang tahan terhadap panas yang ditimbulkan oleh jarum
o Printer jenis ini tidak dapat mencetak dengan berwarna

3. Plotter
Contohnya printer yang digunakan untuk aplikasi grafis
o Printer ini untuk aplikasi garfish atau gambar
o Menggunakan pin plotter untuk membentuk gambar yang dicetak namun ada pula yang menggunakan drum plotter

c. Proyektor
Alat untuk menampilkan slide pada layer. Alat ini sangat cocok untuk mempresentasikan laporan, promosi produk dan lain-lain.

d. Microform
Alat bantu untuk mencetak ke dalam bentuk miniature diatas film fotograf

3. Peralatan Input / Output
a. Disk Drive
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca dan menulis (merekam) pada media penyimpanan disket atau floppy disk.

b. Tape Drive
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca dan menulis (merekam) pada media tape

c. Modem (Modulator Demudolator)
Yaitu alat yang digunakan untuk melakukan modulasi dan demodulasi signal dan ditransmisikan melalui fasilitas komunikasi, contohnya Rocwell dan US Robotic.

d. Ethernet
Yaitu alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima data pada saluran kabel secara local, contohnya 3COM.

e. PCMCIA
Yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer laptop (notebook)dengan jaringan kabel, Contohnya : 3 COM

f. Hub
Yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan kabel-kabel pada sebuah jaringan computer

g. Switch
Kegunaan switch sama dengan hub, hanya saja switch merupakan teknologi terbaru pengganti hub dan sudah dapat digunakan untuk jaringan berbasis Giga bit dengan kabel UTP dan kabel fiber optic .

h. Print Server
Yaitu alat yang digunakan untuk menghubungkan printer pada sebuah jaringan komputer.

i. Input / Output Card (I / O Card)
Yaitu kartu elektronik yang digunakan untuk input dan output atau keduanya yang menghubungkan dengan peralatan yang digunakan untuk komunikasi dengank.

j. SCII Card
Yaitu kartu elektronik yang digunakan untuk input atau yang dihubungkan dengan hardisk atau CD-ROM/CD-RW dari jenis SCSI.

k. Terminal
Yaitu alat yang digunakan untuk memasukkan dan mengeluarkan data melalui channel komunikasi kedalam komputer.

l. CD – Room (Compac Disk-Read Only memory)
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca media CD, contohnya Sony, Acer, dan Asus.



m. CD-Read and writer
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca dan menulis (merekam) pada media CD,contohnya Yamaha, dan Hewlet Packard.

n. DVD-Room
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca DVD.

o. DVD-Read and Writer
Yaitu alat yang digunakan untuk membaca dan menulis dan menulis pada media DVD, contohnya Samsung, LG.

4. Peralatan Proses (CPU)
a. Mainboard (Motherboard)
Papan elektronik yang digunakan untuk tempat meletakkan kartu elektronik dan peralatan internal lainnya, contohnya Asus.

b. I/O Card
Alat untuk menghubungkan processor dengan printer, mouse, modem, pin ke hardisk, dan CD-ROM / CD-RW serta pin ke disk drive.

c. SCII Card
SCSI card mempunyai fungsi hampir sama dengan I/O card, namun SCSI card digunakan untuk menghubungkan harddisk dan CD-ROM /CD-RW jenis SCSI. Sedangkan pada I/O card digunakan untuk harddisk dan CD-ROM/CD-RW jenis IDE.

d. VGA (Video Graphic Adapter) Card
Kartu elektronik yang digunakan untuk menampilkan hasil input ke dalam monitor,contohnya Voodo.

e. Processor
Lempengan khusus yang berisi rangkaian IC atau Integrated Circuit, yaitu kumpulan transistor yang terpadu dalam satu silicon, contohnya Intel.

f. RAM (Randon Accses Memory)
Kumpulan rangkaian elektronik yang digunakan untuk menyimpan data dan data tersebut dapat dipanggil kembali sewaktu-waktu, contohnya EDO.

g. Catu Daya
Alat yang digunakan untuk menerima listrik dari sumber (PLN) dan menyebarkannya ke seluruh bagian pada CPU.



5. Media Penyimpanan Data (Storage)
a. Floppy Disk
Floppy disk atau disket adalah media penyimpanan yang menggunakan lempengan plastik yang dilapisi denga partikel-partikel oksida besi, contohnya 3M.

b. Harddisk
Harddisk merupakan media penyimpanan yang menggunakan lempengan-lempengan logam yang berbentuk piringan, contohnya Seagate.

c. Tape
Pita yang dilapisi dengan lapisan magnetic untuk tempat untuk menyimpan data.

d. CD (Compact Disk)
Compact Disk adalah lempengan logam yang digunakan untuk menyimpan data

e. DVD (Digital Video Disk)
DVD merupakan hasil pengembangan dari CD. Dengan ditemukannya DVD, kini anda menyimpan data yang jumlahnya lebih besar dari CD.

f. Flashdisk
Alat yang digunakan untuk menyimpan data dan dapat membawa data tersebut dengan mudah.

1.5 Perkembangan computer

Komputer dari sejak awal dibuatnya hingga kini banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dam fungsinya. Pada tahun 1930 lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer serba guna yang menjadi awal dari computer modern masa kini. Ditambah lagi dengan perkembangan masyarakat yang makin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang telah mendorong orang-orang berbakat untuk berpikir secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin seorang ahli matematika bangsa Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terwujud, karena pada Perang Dunia II pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perang, sehingga dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras mengalami perubahan bentuk dan fungsinya, dan perangkat lunak mengalami perkembangan penggunaannya menjadi program yang mudah digunakan.




1.5.1 Perkembangan Hardware
Kemajuan tekhnologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fun gsi komputer dalam beberapa generasi yaitu (Robert C. Brenner. 1995):

1. Generasi Pertama (1946 - 1959)
Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer jenis pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar.
Ciri – ciri :
a. Ukuran fisiknya besar
b. Kecepatan proses lambat
c. Cepat panas
d. Membutuhkan listrik besar
f. Menggunakan tabung hampa udara
g. Memorinya menggunakan core storage
h. Masih menggunakan bahasa mesin
i. Menggunakan konsep storage program.

2. Generasi Kedua (1959 - 1965)
Pembuatan komputer jenis kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat .
Ciri – ciri :
a. Komponen telah menggunakan transistor
b. Ukuran fisiknya lebih kecil
c. Prosesnya lebih cepat
d. Tidak cepat panas
e. Lebih hemat listrik
f. Memori yang digunakan lebih besar
g. menggunakan bahasa tingkat tinggi

. 3. Generasi ke tiga (1965 - 1970)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan diluar(eksternal)pengguynaan listriknya lebih hemat.
Ciri – ciri :
a. Komponen telah menggunakan IC
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat
c. Membutuhkan listrik lebih hemat
d. Memorinya lebih besar, dapat menyimpan sampai ribuan karakter
e. Menggunakan penyimpanan luar
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming
4. Generasi keempat (1970 - 1985)
Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
Ciri – ciri :
a. Telah menggunakan LSI
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat

1.5.2 Perkembangan Software
1. Bahasa Generasi Pertama
Program yang digunakan untuk menjalankan komputer masih menggunakan bahasa mesin. Contonya. 1101011010010010 diartikan ADD

2. Bahasa Generasi KeDua
Selain bahasa mesin masih ada bahasa rakitan yang biasanya dikenal bahasa generasi kedua . Bahasa rakitan disamakan dengan bahasa tingkat rendah karena kasih dibutuhkan suatu penerjemah untuk menjalankan perintahnya

3. Bahasa Generasi Ketiga
karena pada bahasa generasi kedua masih menimbulkan kesulitan maka dibutuhkan bahasa tingkat tinggi seperti COBOL, PASCAL,BASIC, proram ini disebut dengan bahasa generasi ketiga.

4. Bahasa Generasi Keempat
pembuatan bahasa generasi keempat ditujukan untuk mamudahkan pengguna pada proses pengambilan keputusan.

5. Bahasa Generasi Kelima
bahasa generasi kelima adalah bahasa pemograman yang digunakan pada expert system. Expert System dibuat untuk memudahkan seorang programer dalam membuat sebuah program seperti layaknya seorang pakar sistem

Komponen sistem komputer
• Unit pemroses (CPU)
Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register.
Berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.



• Main memory
Main memory berfungsi menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.
Memori dibagi menjadi 2 :
1. Main Memory
2. Secondary memory

• Perangkat masukan dan keluaran
Perangkat masukan dan keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
1. Perangkat Masukan
2. Perangkat Keluaran
3. Perangkat Pengendali

• Interkoneksi antar komponen
Interkoneksi antar komponen Struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memori-perangkat masukan dan keluaran.

Organisasi sistem komputer
1 Boot
2. Penyimpanan data
3. Register
4. Cache Memory
5. Random Access Memory
6. Memory Ekstensi
7. Direct Memory Access

Related Post: