MAKALAH TENTANG MENCIPTAKAN IKLIM PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENYENANGKAN MELALUI PEER LESSON METHOD MAKALAH TENTANG MENCIPTAKAN IKLIM PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENYENANGKAN MELALUI PEER LESSON METHOD

MAKALAH TENTANG MENCIPTAKAN IKLIM PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENYENANGKAN MELALUI PEER LESSON METHOD

A. LATAR BELAKANG
Refleksi kinerja pembelajaran sejarah merupakan agenda rutin musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Kabupaten Lamongan. Data yang dihimpun dari siswa SMA Negeri 3 Lamongan :
1. Pembelajaran sejarah terlalu menekankan memorisasi dan mengabaikan kemampuan intelektual.
2. Pembelajaran sejarah tidak relevan dengan kebutuhan dan minat siswa.
3. Pembelajaran sejarah kurang menekankan konsep.
Data tersebut menunjukkan siswa mengalami kejenuhan atau bosan, sehingga perlu memotivasi belajar dengan penerapan model pembelajaran peer lesson, khususnya : kompetensi dasar “proses perkembangan agama, kebudayaan, politik dan pemerintahan serta kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.

B. RUMUSAN MASALAH
1. Apakah metode Peer Lesson dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan perhatian siswa?
2. Apakah metode Peer Lesson dalam pembelajaran sejarah dapat menumbuhkan rasa percaya diri?

C. TUJUAN
1. Meningkatkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran sejarah.
2. Menumbuhkan rasa percaya diri siswa terhadap mata pelajaran sejarah.
3. Menciptakan iklim pembelajaran sejarah yang menyenangkan.

D. MANFAAT
1. Melakukan inovasi metode pembelajaran.
2. Siswa memperoleh pengalaman belajar baru.


E. METOPE PENELITAN
SIKLUS I
1. Planning
a. Penelitian berdiskusi bersama guru sejarah lainnya tentang materi, sumber belajar dan alat peraga yang harus disediakan
b. Penyiapan Lembar Kerja Siswa (LKS)
c. Penyusunan pertanyaan angket dan soal tes prestasi

2. Acting
a. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok berjumlah 8 siswa
b. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
c. Siswa mendiskusikan tentang materi yang telah ditentukan pada masing-masing kelompok
d. Masing-masing kelompok menyiapkan strategi untuk menjelaskan pada kelompok lain
e. Siswa menyiapkan alat bantu media dan alat peraga pembelajaran
f. Kelompok satu menyiapkan materi yang telah didiskusikan dengan menggunakan alat peraga
g. Kelompok 2, 3, 4, 5 mengajukan ke kelompok 2, 3, 4 dan 5
h. Guru memberi penilaian saat proses penjelasan siswa pada kelompok lain serta penilian serta pada saat siswa mengerjakan LKS
i. Kelompok 2 dan seterusnya menjelaskan pada kelompok lainnya dilanjutkan tanya jawab
j. Masing-masing kelompok membuat simpulan
k. Masing-masing kelompok menukar simpulan
l. Guru mengklarifikasi simpulan yang telah disusun dalam kelompok

3. Observation
Kolaborator mencatat dan bertanya pada siswa tentang respon pelaksanaan proses belajar mengajar.


Selengkapnya Download Disini >>>>

Related Post: