KARYA TULIS ILMIAH : PENGARUH PENGASAPAN TERHADAP PENGAWETAN IKAN BANDENG KARYA TULIS ILMIAH : PENGARUH PENGASAPAN TERHADAP PENGAWETAN IKAN BANDENG

KARYA TULIS ILMIAH : PENGARUH PENGASAPAN TERHADAP PENGAWETAN IKAN BANDENG

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Ikan bandeng banyak diminati masyarakat karena ikan banding memiliki kandungan protein yang cukup tingg. Tingkat permintaan konsumen akan ikan bandeng itu sangat enak dan harga yang sangat terjangkau. Khusus di daerah jawa dan sulawesi selatan ikan bandeng memiliki tingkat preferensi yang cukup tinggi. Selain sebgai ikan konsumsi, ikan bandeng juga diminati sebagai umpan hidup bagi usaha penangkapan ikan Tuna (yhunnus spp) dan cakalang (katsuwanur pelamis) bandeng juga banyak diminta untuk keperluan induk.
Mereka hidup di samudra Hindia dan penyebarannya sampai ke samudra Pasifik. Menurt FA 0.2 % dari tangkapan ikan dunia diawetkan dengan cara pemasaran. Sedangkan dinegara-negara tropic jumlahnya 30%, seperti halnya dengan metode-metode pengawetan tradisional. Asal mula penemuan ikan pengawetan ikan dengan pengasapan mungkin secara kebetulan saja dimana seaktu ikan dikeringkan diatas nyala api yang berasap ternyata selain menjadi lebih awet ikan juga memiliki rasa dan aroma yang sedap.
Iakn yang muda dan baru menetas hidup di laut untuk 2-3 minggu, lalu berpindah kerawa-rawa bakau, daerah payau, dan kedangkala danau-danau. Bandeng baru kembali kelaut kalau sudah deweasa dan bisa berkembang biak. Ikan muda dikumpulkan dari sungai-sungai disebut nener dan diternakkan ditambak-tambak, disana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan sangat cepat. Setelah bandeng cukup besar, bandeng biasanya dijual segar atau beku, serta dikukus atau diasap.
Dengan menyusun makalah ini mengharapkan agar para embaca bisa mengerti tentang kandungan ikan bandeng.

1.2 Rumusan Masalah
Apakah pengaruh pengasapan terhadap pengawetan ikan bandeng.



1.3 Tujuan Masalah
Tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengasapan terhadap pengawetan iakn bandeng.

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat dari karya imlmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengasapan terhadap pengawetan ikan bandeng

1.5 Hipotesis
Pengasapan berpengaruh terhadap pengawetan ikan bandeng.


Selengkapnya Download Disini >>>>

Related Post: