KARYA ILMIAH PENGARUH ARAH MATAHARI TERHADAP TANAMAN MATAHARI KARYA ILMIAH PENGARUH ARAH MATAHARI TERHADAP TANAMAN MATAHARI

KARYA ILMIAH PENGARUH ARAH MATAHARI TERHADAP TANAMAN MATAHARI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikin-nikiran (asteraceoe) yang popular, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas besar. Biasanya berwarna kuning terang, denga kepala bunga besar (diameter bisa mencapai 30 cm) bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk. Tersusun dari ratusan hingga ribua bunga kecil pada satu bongkol. Bunga matahari yang memiliki perilaku khas yaitu bunganya selalu menghadap kearah matahari atau helio tropisme. Orang prancis menyebutnya tournesul (pengelana matahari). Sifat ini disingkirkan sebagai kultivar baru untuk procuksi minyak karena memaka banyak energi dan mengurangi hasil. (anonim 2007)
Gerak bunga matahari menuju arah matahari ternmasuk gerak fototropisme, yaitu gerak sebagian tubuh tumbuhan kearah sumber rangsangan yaitu matahari. Hal ini berkaitan dengan auksin, hormone tumbuhan yang berada sekitar daerah pucuk, fungsin memacu pembesaran dan perpanjangan sel. (Anonim, 2001).
Salah satu sifat auksin adalah rusak jika terkena cahaya. Nah, pada sisi batang yang terkena cahaya matahari, auksin lebih sedikit dari pada sisi batang yang tidak terkena matahari, akibatnya pertumbuhan pada batang yang terkena cahaya lebih lambat karena batang membelok kearah sinar matahari, jadi sebenarnya bukan bunga yang membelok tapi tangkai yang menyangga bunga tersebut. (anonim, 2003)
Bunga matahari yang selalu menghadap kearah datagnya sinar matahari yang bergerk kearah sinar matahari yang mengikuti sumber cahaya terbesar istilah ini disebut Heliotropisme. (anonim, 2002)
Biji bunga matahari merupakan salah satu minyak terbesar. Khususnya minyak yang bisa dimakan. Tapi se4lai itu minyak matahari biasanya juga digunakan sebagai bahan margarine, sabun, minyak pelumas, penerangan dan lain-lain. Dan bila dicampur dengan minyak biji rami, minyak bunga matahari yang setengah jadi biasanya juga dijadikan sebagai ahn cat atau pernis. Daun bunga matahari ternyata juga biisa dimanfaatkan untuk makanan ternak, sedangkan batangnya mengandung serat yang sering digunakan untik bahan kertas, bijinya digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, lesu, disentri berdarah dan lain-lain, sedangkan akarnya bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kenang, radang saluran nafas (anonim, 2000)
Kandungan biji bunga matahari kandungan utamanya adalah serat, karena itu bagian ini kurang memiliki nilai ekonomis, biji bunga matahari terkadang protein, rarfes, lemak, magnesium, besi, potassium. Kandungan zat besi didalamnya mampu mencegah anemia tanpa membuat kita jadi gemuk. Biji bunga matahari memiliki kaya kandungan nutrisi. (anonim, 1997)


Selengkapnya Download Disini >>>

Related Post: