Karya Tulis Ilmiah : PENGARUH BUAH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L) TERHADAP PENINGKATAN KADAR TROMBOSIT DALAM DARAH Karya Tulis Ilmiah : PENGARUH BUAH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L) TERHADAP PENINGKATAN KADAR TROMBOSIT DALAM DARAH

Karya Tulis Ilmiah : PENGARUH BUAH JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L) TERHADAP PENINGKATAN KADAR TROMBOSIT DALAM DARAH

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit Febril akut yang ditemukan di daerah tropis, dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe Virus dari genus Flavirus, famili flaviviridae. Setiap serotipe cukup berbeda sehingga tidak ada proteksi-silang dan wabah yang disebabkan beberapa serotipe hiperendemesitas dapat terjadi. Pada umumnya habitat nyamuk Aedes Aegeypti adalah lingkungan perumahan dimana terdapat banyak genangan air, baik di dalam bak maupun tempayan. Oleh karena itu jenis penyakit ini bersifat urban. Bertolak belakang dengan albopictos atau jentik nyamuk lainnya cenderung berada di daerah hutan (Anonim, 1008).
Demam berdarah disebarkan kepada manusia oleh nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini ditunjukkan melalui munculnya demam secara tiba-tiba, disertai sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot (mylgia dan arthralgia), mual dan radang perut. Demam dengue umumnya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya menurun (Anonim, 2008).
Darah kita terdapat di dalam pembuluh darah. Dalam kondisi normal, volume darah setiap orang lebih kurang 8% dari berat badannya. Pada orang dewasa yang beratnya 65 kg, volume darahnya lebih kurang 5 liter. Darah kita tersusun dari beberapa komponen, yaitu 55% yang merupakan bagian cair yakni plasma darah dan 45% merupakan bagian yang padat atau butiran darah (Istamar Syamsuri, 2004).
Trombosit berperan sebagai proses pembekuan darah. Di dalam trombosit terdapat enzim yang disebut trombokinase. Apabila darah keluar karena terluka maaka trombosit akan pecah. Enzim trombokinase keluar dari trombosit karena pengaruh 10 kalsium dalam darah, enzim trombokinase akan mengubah protombin (calon trombin) menjadi trombin. Trombin akan mengubah protein darah fibrinogen menjadi benang-benang fibrin. Terbentuknya benang-benang fibrin menyebabkan luka tertutup sehingga tidak mengeluarkan darah secara terus-menerus (Munawar, 2004).
Menurut berbagai sumber ekstrak daun dan buah jambu biji digunakan untuk penyakit demam ebrdarah. Rebusan daun dan sari buahnya berguna untuk meningkatkan jumlah trombosit sehingga sangat dibutuhkan tubuh. Secara klinis buah jambu biji (Psidium Guajava L) banyak mengandung Vitamin A, C, mineral dan zat-zat lain yang diperlukan tubuh. Kndungan Vitamin C dalam buah ini lima kali lebih banyak dibanding buah jeruk. Para penderita yang sudah positif DBD setelah mengkonsumsi ekstrak buah ini sekitar 500 cc dalam sehari dapat meningkatkan pertumbuhan trombosit dalam tempo 8 sampai 48 jam (Anonim, 2009).
DBD (Demam berdarah Dengue) akibat gigitan nyamuk AedesAegypti paling ditakuti masyarakat karena dapat menimbulkan kematian. DBD disebabkan oleh salah satu virus. Sebenarnya saat kita terkena infeksi virus Dengue tubuh akan memproduksi kekebalan terhadap virus itu, tetapi DBD disebabkan oleh banyak tipe virus sehingga meskipun kita kebal terhadap tipe virus masih dapat menderita Demem Dengue. Jambu merah bisa mengobati DBD meskipun belum terbukti secara klinis. Jambu merah juga bisa meningkatkan jumlah trombosit. Penderita yang positif DBD diharuskan mengkonsumsi ekstrak buah jambu merah karena dalam jambu merah ditemukan likopen. Likopen adalah pigmen penting dalam tanaman yang berupa serat berfungsi untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah (Anonim, 2008).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jambu biji (Psidium Guajava L) khususnya yang berwarna merah dapat menyembuhkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sehingga pasien yang positif menderita penyakit DBD dapat diobati dengan jambu biji tersebut serta pemakaiannya dapat lebih disebarluaskan.

1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : ”Apakah pengaruh jambu biji (Psidium Guajava L) terhadap peningkatan kadar trombosit dalam darah?“

1.3 HIPOTESIS
Dari hasil penelitian maka dapat diajukan hipotesis penelitian sebagai berikut :“Ada pengaruh buah jambu biji (Psidium Guajava L) terhadap peningkatan kadar trombosit dalam darah. ”

1.4 TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui adakah pengaruh buah jambu biji (Psidium Guajava L) terhadap peningkatan kadar trombosit dalam darah.


Selengkapnya Download Disini >>>>

Related Post: