KARYA TULIS ILMIAH METODE PENGAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KARYA TULIS ILMIAH METODE PENGAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

KARYA TULIS ILMIAH METODE PENGAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

METODE PENGAJARAN BERBASIS PROYEK
DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR


Pada era reformasi ini bangsa Indonesia sedang berjuang ke masyarakat bangsa dan negara Indonesia yang lebih berbudaya, lebih demokratis, lebih berkeadilan, dan lebih menghormati hak-hak azasi manusia dengan tetap menjadikan Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara, dan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Hal ini memberikan implikasi bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila bukanlah semata-mata diajarkan sebagai tuntunan perilaku antar individu, tetapi juga perlu ditekankan sebagai tuntunan perilaku antar individu sebagai warganegara dan negara. Oleh karena itu pembelajaran PPKn perlu lebih diarahkan terhadap upaya peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui proses pengkajian dan praktek dalam kehidupan sehari-hari dengan cerdas, baik secara rasional maupun emosional.
Di samping itu PPKn menghadapi suatu tantangan baru dalam upaya menerapkan konsep, nilai, dan cita-cita demokrasi yang sudah berkembang bukan saja sebagai sistem kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara tetapi juga sebagai gerakan sosial kesejagatan dalam pergaulan antar bangsa. Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila dalam PPKn yang akan datang, tidak lagi merupakan satu-satunya perangkat materi ajar dasar PPKn. Materi ajar dasar lainnya yang penting untuk disajikan dalam PPKn adalah nilai-nilai demokrasi yang dipadatkan pada 10 (sepuluh) pilar demokrasi konstitusional sesuai dengan UUD 1945. kesepuluh pilar tersebut adalah demokrasi berKetuhanan Yang Maha Esa, demokrasi yang menjunjung hak-hak azasi manusia, demokrasi yang mengutamakan kedaulatan rakyat, demokrasi yang didukung oleh kecerdasan warganegara, demokrasi yang menerapkan pembagian kekuasaan negara, demokrasi yang menjamin berkembangnya otonomi daerah, demokrasi yang menerapkan konsep negara hukum, demokrasi yang menjamin terselenggganya peradilan yang merdeka dan tidak memihak, demokrasi yang menumbuhkan kesejahteraan rakyat, dan demokrasi yang berkeadilan sosial.

SELENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI .....

Related Post: