CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP_rangsangan pada daun sikejut CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP_rangsangan pada daun sikejut

CIRI - CIRI MAKHLUK HIDUP_rangsangan pada daun sikejut

Alat dan Bahan
1. Tanaman si kejut
2. Alroji
3. Pot/Vas bunga
4. Tanah dan pupuk

Cara Pembuatan
1. Carilah tanaman si kejut yang berada di sekitar sekolahmu, (jika tanaman ini tidak ada di sekitar sekolahmu maka terlebih dahulu carilah tanaman tersebut di tempat lain kemudian tanam di pot bunga, kerjakan seminggu sebelum praktikum ini dimulai).
2. Sentuhlah selalu satu daun putri malu dengan halus, maka akan tampak olehmu daun tersebut akan mengatup. Selanjutnya catat berapa waktu yang dibutuhkan oleh daun tersebut untuk mekar kembali!
3. Ulangi kegiatan kamu (nomor 2) dengan cara meniup bagian daun yang lain.
4. Catat hasil pengamatan kamu pada tabel kemudian buat laporan dan hasilnya serahkan pada guru pembimbingmu.

Tabel Pengamatan
No. Jenis Rangsangan Lama Waktu
1 Disentuh 30 menit
2 Ditiup 20 menit


PERTANYAAN

1. Samakah waktu yang dibutuhkan oleh daun si kejut untuk mekar lembali setelah dirangsang dengan sentuhan dan tiupan? Mengapa!
2. Rangsangan mana yang lebih lama membutuhkan waktu untuk mekar kembali! Apa sebabnya?
3. Bagaimana cara si kejut dalam menganggapi rangsangan?
4. Apakah semua tumbuhan mempunyi cara yang sama dengan si kejut dalam menganggapi rangsangan?



JAWABAN

1. Tidak, karena daun si kejut menganggapi rangsangan dengan sangat kuat yaitu dnegan cara disentuh sedangkan dengan cara ditiup rangsangan menganggapinya lama sehingga mudah mekar.
2. Rangsangan dengan cara dipegang karena rangsangannya secara langsung
3. Dengan cara dipegang atau ditiup
4. Tidak


KESIMPULAN

Hasil Pengamatan siswa kelas VII A
Ternyata tanaman si kejut yang kita sentuh dan kita tiup akan mengatup. Bukan manusia dan hewan saja yang bisa bergerak. Tumbuhan juga bisa. Yumbuhan adalah bertambahnya volume atau ukuran makhluk hidup yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali kedudukan semula). Sedangkan berkembang adalah proses menuju kedewasaan. Si kejut itu melindungi dari musuh dengan cara mengatup dan berduri. Semua tumbuhan tidak sama dengan si kejut namun si kejut itu berbeda dnegan tumbuhan lain. Si kejut itu tumbuhnya di tanah merayap semakin lama semakin banyak dan akarnya besar dan kuat di dalam tanah. Kalau ditanam di pot bunga semakin lama semakin menutupi pot binga itu dan cabutan akarnya semakin lama semakin sulit karena sudah merekat tanah yang di dalam pot bunga itu.

Related Post: