KARYA TULIS ILMIAH KARYA TULIS ILMIAH

KARYA TULIS ILMIAH

Borak Dan Formalin Pada Makanan
BAB I
PENDAHULUAN

Pada bab I ini akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian, hipotesa dan manfaat.
1.1 Latar Belakang Masalah
Sekarang ini banyak sekali bahan kimia dan berbagai campuran-campuran lain yang dibuat dan diciptakan untuk membuat pekerjaan manusia dalam makanan lebih efektif dan efisien. Tetapi disamping untuk makanan dibuat juga bahan kimia untuk pembuatan kebutuhan lain. Dimana bahan kimia tersebut tidak boleh digunakan dalam pembuatan makanan dan dapat berakibat fatal. Hal ini sangat penting dan juga memprihatinkan.
Fenomena ini merupakan salah satu masalah dan kebobrokan bangsa yang harus diperbaiki. Janganlah sampai membiarkan hal ini terus berlarut dan akhirnya akibat menumpuk di masa depan. Oleh karena itu kami berusaha merangkum sedemikian rupa dan menccoba membedah apa saja yang seharusnya dilakukan dan mengapa hal ini menjadi hal yang sangat penting.

1.2 Pembatasan Masalah
Kami membatasi diri melakukan penelitian tentang dampak penggunaan boraks dan formalin dengan mencari dan meneliti bahan-bahan makanan yang diduga mengandung zat pengawet berbahaya yaitu boraks dan formalin yang seharusnya digunakan sebagai pengawet tekstil.



1.3 Perumusan Masalah
Baru-baru ini, kebutuhan manusia yang begitu banyak mendesak untuk kita menggunakan barang-barang instan. Begitu juga dengan makanan instan. Untuk memnuhi permintaan konsumen, produsen pun tidak ingin merugi. Bahkan mereka tidak memperhatikan kesehatan dalam memilih bahan-bahan makanan yang diproduksi. Termasuk didalamnya boraks dan formalin.
Penelitian terbaru menunjukkan beberapa bahaya boraks dan formalin terhadap kesehatan kita baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, kita menyusun makalah dengan tema ”Apa bahaya boraks dan formalin pada makanan?”

1.4 Tujuan Penulisan
- Mengetahui pengertian boraks dan formalin
- Mengetahui jenis-jenis pangan yang menjadi sasaran penggunaan boraks dan formalin pada proses pembuatannya
- Mengetahui dampak negatif dari penggunaan boraks dan formalin pada produk pangan
- Mengetahui peranan pemerintah dalam memberantas penggunaan formalin dan boraks pada makanan

Selengkapnya Download disini >>>>

Related Post: