MAKALAH TENTANG PERILAKU ORANG YANG MENGAMALKAN QS. ALI IMRON : 104 dan HADITS TENTANG AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR MAKALAH TENTANG PERILAKU ORANG YANG MENGAMALKAN QS. ALI IMRON : 104 dan HADITS TENTANG AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

MAKALAH TENTANG PERILAKU ORANG YANG MENGAMALKAN QS. ALI IMRON : 104 dan HADITS TENTANG AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

PEMBAHASAN
PERILAKU ORANG YANG MENGAMALKAN SURAT ALI IMRON : 104 DAN HADITS TENTANG AMAR MA’MUR NAHI MUNKAR

QS. Ali Imran : 104
  •            
Yang artinya : “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.(QS. Ali Imron : 104).
Mengingat pentingnya amar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan bermasyarakat kaum muslimin. Suatu hari Rosulullah pernah memperumpamakannya dengan sekelompok manusia yang berada pada sebuah kapal. Mari kita simak baik-baik perumpamaan tersebut.
Di riwayatkan dari Nu’man bin Bisyir RA, dari Rosulillah SAW. Bersabda: “perumpamaan orang yang menegakkan hudud ( aturan-aturan )Allah dan orang yang menerjangnya, adalah laksana sekelompok kaum, yang mengundi diatas kapal, sebagian mereka harus diatas kapal dan sebagian yang lainnya harus tinggal di bagian bawahnya. Manakala orang yang tinggal di bagian bawah kapal ingin minum, ( maka aturannya) mereka harus naik (dan melangkahi ) orang-orang yang tinggal di bagian atas kapal. Maka berkatalah mereka (orang-orang yang di bagian bawah kapal ) : jika kita melobangi kapal ini dan kita tidak lagi merepotkan orang atas, (hal ini akan lebih memudahkan tentunya). Jika sekiranya mereka membiarkan kelompok ini dan apa-apa yang mereka inginkan, maka binasalah semuanya, dan jika mereka menahan perbuatan kelompok ini, maka mereka selamat, dan selamatlah semuanya”.(HR.Imam Bukhori).
Perumpamaan ini sangatlah jelas, sebagai panduan kita dalam bermasyarakat. Tatkala ada orang-orang yang melakukan kemungkaran dalam sebuah masyarakat dan tidak ada upaya dari yang lainnya untuk mencegah, maka sama halnya mereka semua sedang menunggu kebinasaan. Binasa orang yang berbuat mungkar dan binasa pulalah orang yang membiarkannya. Dari Abu Bakar Ash Shidiq Ra. Mengatakan : sesungguhnya aku telah mendengar Rasulullah SAW. Bersabda : Jika manusia melihat orang berbuat kedzaliman dan tidak di cegahnya, sungguh Allah akan menimpakan siksanya kepada semuanya. (HR.Abu Dawud,Tirmidzi dan Nasa’i).
Allah telah memperingatkan dengan tegas agar berhati-hati Sedangkan orang-orang yang yang melakukan amar ma’ruf nahi munkar, maka mereka akan selamat dari kebinasaan.


Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: