MAKALAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM MAKALAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

MAKALAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM METODOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Metodologi pendidikan adalah suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik dalam penerapan metodologi pendidikan banyak menyangkut wawasan keilmuan pendidikan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits. Untuk itu perlu kita ungkapkan implikasi-implikasi metodologi pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sedangkan metode yang dipergunakan oleh Allah adalah metode pemberian alternatif-alternatif (pilihan) menurut akal pikiran yang bagi masing-masing orang tidak sama kemampuannya. Sehingga pada hakekatnya metode pendidikan islam yang dikehendaki adalah ”methode of of education through the teaching of Islam” (metode pendidikan melalui ajaran islam).
Dalam makalah singkat ini Insya Allah akan dibahas sedikit banyak metodologinya dalam pengembangan pendidikan islam. Untuk mengungkapkan kembali segi-segi yang berhubungan dengan metode pengajaran pendidikan islam. Semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya mayoritas pembaca.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian
Metodologi pendidikan adalah suatu ilmu pengetahuan tentang metode yang dipergunakan dalam pekerjaan mendidik. Metode berasal dari dua perkataan yaitu ”meta” dan ”hodos”. ”Meta” berarti ”melalui” dan ”hodos” berarti ”jalan atau cara”. Bila ditambah dengan ”logi” sehingga menjadi ”metodologi” berarti ”ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui.” untuk mencapai suatu tujuan. Oleh karena kata ”logi” yang berasal dari bahasa Greek (Yunani) ”logos” berarti ”akal” atau ”ilmu”.
Sebagai suatu ilmu metodologi meruakan bagian dari perangkat disiplin keilmuan yang menjadi induknya. Hampir semua ilmu pengetahuan mempunyai metodologi tersendiri. Demikian pula ilmu pengetahuan islam merangkum metodologi pendidikan islam yang tugas dan fungsinya adalah memberikan jalan atau cara yang sebaik mungkin bagi pelaksanaan operasional dari ilmu pendidikan Islam.

Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: