MAKALAH PSIKOLOGI MOTIVASI dan KONSEP BELAJAR MAKALAH PSIKOLOGI MOTIVASI dan KONSEP BELAJAR

MAKALAH PSIKOLOGI MOTIVASI dan KONSEP BELAJAR

BAB I
PENDAHULUAN

Belajar sepanjang hayat adalah suatu konsep, suatu idea, gagasan pokok dalam konsep ini ialah bahwa belajar itu tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal seseorang masih dapat memperoleh pengetahuan kalau ia mau, setelah ia selesai mengikuti pendidikan di suatu lembaga pendidikan formal. Ditekankan pula bahwa belajar dalam arti sebenarnya adalah sesuatu yang berlangsung sepanjang kehidupan seseorang. Bedasarkan idea tersebut konsep belajar sepanjang hayat sering pula dikatakan sebagai belajar berkesinambungan (continuing learning). Dengan terus menerus belajar, seseorang tidak akan ketinggalan zaman dan dapat memperbaharui pengetahuannya, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Dengan pengetahuan yang selalu diperbaharui ini, mereka tidak akan terasing dan generasi muda, mereka tidak akan menjadi snile atau pikun secara dini, dan tetap dapat memberikan sumbangannya bagi kehidupan di lingkungannya.
Belajar erat kaitannya dengan psikologi. Dalam hal ini, Made Pidarta mengemukakan : psikologi atau jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa manusia. Jiwa itu sendiri adalah roh dalam mengendalikan jasmani. Karena itu jiwa atau psikis dapat dikatakan inti dan kendali kehidupan manusia yang berada dan melekat dalam diri manusia itu sendiri
Dan sini dapat dipahami bahwa belajar merupakan kebutuhan sebagai bekal untuk menempuh kehidupan di sepanjang hayatnya. Melalui pembahasan ini dimaksudkan untuk lebih memahami hakekat belajar dan bagaimana memberikan motivasi bahwa belajar itu sebenarnya berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan sejak dari buaian sampai liang lahat.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Motivasi
2.1.1 Pengertian
Motivasi adalah suatu variabel yang ikut campur tangan yang digunakan untuk menimbulkan faktor tertentu di dalam organisme yang membangkitkan, mengelola, mempertahankan, dan menyalurkan tingkah laku menuju satu sasaran.

2.1.2 Macam-macam Motivasi
1. Motif Berprestasi
Kebutuhan prestasi merupakan motif sosial yang dipelajari.
2. Motif Berafiliasi
Kebutuhan berhubungan dengan orang lain dalam mencari teman dan mempertahankan hubungan yang telah dibina
3. Motif Berkuasa
Kebutuhan untuk mengadakan kontrol, mengendalikan/memerintah orang lain.

2.1.3 Ciri-ciri Motivasi Berprestasi
 Memilih untuk menghindari tujuan prestasi yang mudah dan sulit tetapi lebih memilih tujuan yang moderat yang mampu diraih.
 Memilih umpan balik langsung dan diandalkan mengenai bagaimana mereka berprestasi.

2.1.4 Faktor Pengaruh Motivasi
Ada tiga faktor yang mempengaruhi seseorang, yaitu :
1. Kebutuhan
Apabila seseorang mempunyai kebutuhan yang mendesak maka motivasinya akan meningkat.
2. Dorongan
Dorongan sangat berpengaruh terhadap motivasi dimana bisa berupa reward (penghargaan) atau punishment (hukuman).
3. Tujuan
Tujuan, cita-cita dan visi seseorang sangat mempengaruhi motivasi.

Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: