MAKALAH MASALAH MENYUSUI PADA BAYI YANG MEMERLUKAN PERAWATAN (INKUBATOR) DAN BAYI GEMELLI MAKALAH MASALAH MENYUSUI PADA BAYI YANG MEMERLUKAN PERAWATAN (INKUBATOR) DAN BAYI GEMELLI

MAKALAH MASALAH MENYUSUI PADA BAYI YANG MEMERLUKAN PERAWATAN (INKUBATOR) DAN BAYI GEMELLI

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Air susu ibu (ASI) adalah makanan yang terbaik yang dapat diberikan oleh ibu kepada bayinya, juga untuk bayi prematur, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh bayi dari segala penyakit, karena bayi mudah sakit.
Seringkali terjadi kegagalan menyusu pada bayi prematur. Hal ini disebabkan oleh karena ibu stres, ada perasaan bersalah, kurang percaya diri, tidak tau cara memerah ASI, begitu pula dengan bayi prematur reflek hisap dan menelan belum ada atau kurang, energi untuk menghisap kurang, volume gaster kecil, sering terjadi refluks, peristaltik usus lambat.
Agar ibu yang melahirkan prematur dapat berhasil memberikan ASI perlu dukungan dari keluarga, diajarkan cara memerah ASI dan menyimpan ASI perah dan cara pemberian ASI perah kepada bayi prematur dengan sendok, pipet atau pipa lambung.

B. Tujuan

1. Tujuan Umum
Makalah ini kami buat untuk menambah ilmu pengetahuan pada diri kami dan untuk para pembaca.
2. Tujuan Khusus
- Untuk mengetahui cara pemberian ASI pada bayi yang diletakkan di inkubator.
- Cara pemberian ASI pada bayi kembar.
- Bayi yang memerlukan perawatan

C. Rumusan Masalah

1. Bagaimana cara pemberian ASI pada bayi yang diletakkan dalam inkubator (bayi prematur) ?
2. Bagaimana cara pemberian ASI pada bayi kembar ?
3. Bagaimana cara p[emberian ASI pada bayi yang memerlukan perawatan ?




BAB II
PEMBAHASAN


A. Bayi Yang Di Dirawat Dalam Inkubator

1. Pengertian

Bayi prematur adalah bayi yang lahir ± 37 minggu dan berat badan ± 2000 gr/2 kg. Bayi prematur pada umumnya peru diletakan di inkubator untuk mengontrol suhu badan bayi tetap berada pada suhu yang sesuai seperti saat berada dalam kandungan, dapat memantau fungsi nafasnya dengan melihat nafasnya (gerakan dada dan perut) dan untuk melihat warna kulit.

2.Cara pemberian ASI
a. Apabila bayi sudah bisa menyusu dan bayinya bisa menghisap dengan baik, maka ibu bisa datang keruang inkubatir atau bayi untuk menyusui secara langsung.
b. Apabila bayi belum bisa menghisap dan menelan dengan baik maka cara pemberian ASI dengan dot atau sendok atau memakai selang yang sudah terpasang yang dimasukkan ke lambung (sonde). Jadi sebelumnya ibu suda memompa ASInya dengan alat dan di tampung dalam tempat dan segera di kasihkan pada bayinya.

Bayi prematur di bolehkan pulang apabila BB bayi lebih dari 2 kg, mampu beradaptasi dengan lingkungan (dapat menyesuaikan suhu tubuh). Organ-organ tubuhnya sudah matur / bisa berfungsi. (sudah bisa menghisap dan menelan).

Cara pemberian ASI
Sebaiknya setelah di rumah sesering mungkin ibu memberikan ASI secara langsung karena kemungkanan bayi yang lama di rawat di inkubator mengalami bingung punting susu.


Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: