Makalah Tentang Bahasa Indonesia Makalah Tentang Bahasa Indonesia

Makalah Tentang Bahasa Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Bahasa memiliki peran penting bagi kehidupan manusia bahasa tidak hanya diperlukan dalam kehidupan sehari-hari tapi juga diperlukan dalam menjalankan segala aktivitas hidup manusia, seperti penelitian, penyuluhan, pemberitaan, siaran radio dsb.
Bahasa menjadi sangat penting dalam kehidupan dengan bahasa orang dapat mengkomunikasikan dalam segala hal, bahasa dalam kehidupan berkembang sesuai dengan keadaan yang terjadi pada saatbahasa itu digunakan, seperti orang polotikus, dokter, praktisi hukum, pembaca berit, penyiar radio, tentunya menggunakan bahasa yang berbeda. Bahkan sesama penyiar radio pun mengunakan bahasa yang berbeda dalam melaksanakan tugasnya. Perbedaan bahasa dari segi pemakaian yang seperti inilah yang menyebabkan timbuknya ragam bahasa. Ragam bahasa yang diteliti dibatasi pada penggunaan kata dan kalimat yang digunakan dalam bahasa lisan dan digunakan sesuai dengan fungsinya.
Ragam bahasa mendasari semua aspek pengetahuan yang dikuasai oleh mahasiswa. Hal ini perlu ditekankan karena penjelasan tentang ragam bahasa indonesia merupakan pengetahuan aspek bahasa.

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Pengertian ragam bahasa
1.2.2 Fungsi ragam bahasa
1.2.3 Macam-macam dari ragam bahasa



1.3 Tujuan
1.3.1 Tujuan umum
Agar mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan ragam bahasa berdasarkan pesan komiunikasi
1.3.2 Tujuan khusus
1. diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian dari ragam bahasa
2. diharapkan mahasiswa dapat mengetahui fungsi dari ragam bahasa
3. diharapkan mahasiswa dapat mengetahui macam-macam bahasa


Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: