Makalah Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Makalah Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen

Makalah Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen



Makalah Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang dan Masalah

Pertumbuhan dan persaingan dunia bisnis dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk memandang jauh ke depan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaanya. Setiap perusahaan mempunyai tujuan yang akan dicapai, baik berupa laba yang maksimal, kelangsungan hidup, pertumbuhan perusahaan maupun menciptakan kesejahteraan anggota masyarakat. Pengaruh lingkungan dan perkembangan suatu perusahaan yang semakin kompleks mengakibatkan tugas manajemen puncak dalam mencapai tujuan perusahaan semakin sulit dan kompleks pula. Untuk mengatasi hal tersebut maka perusahaan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk tujuan pengambilan keputusan.

Sehubungan dengan itu, peranan akuntansi pun semakin dibutuhkan terutama untuk memperoleh informasi tersebut. Peran serta manajer sangat dibutuhkan dalam mengaktualisasikan peranan akuntansi tersebut sebagai alat pengawasan biaya. Dewasa ini kita kenal dengan system akuntansi pertanggungjawaban.

Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu system yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan sifat dan kegiatan perusahaan dengan tujuan agar masing-masing unit organisasi dapat mempertanggungjawabkan hasil kegiatan unit yang berada di bawah pengawasannya. Menurut system ini, unit-unit yang ada dalam organisasi di bagi menjadi pusat-pusat pertanggungjawaban dan keseluruhan pusat pertanggungjawaban ini membentuk jenjang hirarki dalam organisasi.

Setiap pusat pertangungjawaban mempunyai manajer yang bertanggungjawab atas kegiatan yang terjadi di dalam pusat yang dipimpinnya, dan secara periodic manajer tersebut akan mempertanggungjawabkan hasil kerjanya kepada pimpinan perusahaan. Dari hasil kerja para manajer pusat pertanggungjawaban kemudian dinilai prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing manajer. Dan berdasarkan analisa ini, para manajer mencoba mencari jawaban mengapa hasil yang dicapai tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakannya.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka timbullah permasalahan yang menjadi dasar bagi penulisan karangan ilmiah yaitu “Bagaimanakah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban tersebut digunakan sebagai alat penilaian kinerja manajer.

2. Ruang LingkupRuang lingkup penyusunan karangan ilmiah ini adalah penerapan akuntansi pertanggungjawaban di dalam perusahaan.

3. Tujuan PenulisanTujuan penulisan karangan ilmiah ini adalah untuk memberiakn penjelasan dan pengetahuan mengenai manfaat akuntansi pertanggungjawaban kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya.

4. Metode dan Teknik Penulisan

Metode yang dipergunakan dalam penulisan karangan ilmiah ini adalah metode deskriptif yaitu dengan membandingkan data demi data dan berbagai buku referensi.Teknik yang dipergunakan dalam penulisan karangna ilmiah ini adalah teknik studi pustaka.


Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: