Proposal Ijin Operasional Madrasah Proposal Ijin Operasional Madrasah

Proposal Ijin Operasional Madrasah

MADRASAH DINIYAH

DARUSSALAM

DUSUN GUYANGAN DESA KEMLAGIGEDE TURI LAMONGAN


PROPOSAL PENDIRIAN

1. Latar Belakang

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmat dan nikmatnya kepada kita semua Amin.

Masalah moralitas dikalangan pelajar dewasa ini merupakan suatu masalah bagi kita semua yang harus mendapatkan perhatian secara khusus,berbagai perubahan yang terjadi dalam seluruh aspek kehidupan membuat para pelajar kita harus mulai tata pergaulan,gaya hidup, hingga pandangan-pandangan mendasar serta prilaku dalam menghadapi era globalisasi.

Arus globalisasi teknologi informasi dan budaya yang tumbuh dan kembang secara cepat menimbulkan dampak tersendiri yang tidak selalu positif bagi kehidupan remaja dan pelajar kita,padahal pada sissi elementer mereka diharapkan mampu memelihara dan melestarikan tradisi, cara pandang dan aspek moralitas luhur bangsa Indonesia, maka sangatlah wajar jika program pendidikan nasional THN 2000 mengamanatkan kepada masyarakat untuk memberlakukan lagi pendidikan budi pekerti luhur sebagai pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa.

Disamping itu kita sering kali kecewa tentang pendidikan agama yang diajarkan dalam pendidikan formal yang kurang diperhatikan,padahal pendidikan agama inilah yang menjadi centra atau basic dari segala tingkah laku dalam kehidupan mereka.

Melihat permasalahan di atas, kami beranikan diri untuk mendirikan Madrasah Diniyah Darussalam yang terorganisasi secara sistematis di lingkungan Dusun Guyangan kemlagigede Turi Lamongan.Lebih dari itu kegiatan ini diharapkan mampu menjadikan produk-produk pelajar yang berkualitas demi menghadapi era globalisasi saat ini dan menjadikan insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.

2. Tujuan

Madrasah Diniyah DARUSSALAM didirikan dengan tujuan untuk :

1. Meningkatkan pemahaman santri/murid dalam terhadap ilmu Agama, terutama kitab-kitab Salaf sehinggah mampu mengembangkan dirinya yang sejalan dengan norma-norma agama dan mampu mengamalkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

2. Menumbuhkembangkan ilmu-ilmu islami dalam integrasi hubungan dengan Allah SWT, Rasul, Manusia, alam semesta bahkan dengan dirinya sendiri.

3. Memberikan pemahaman mendalam kepada santri tentang ajaran Agama dan bagaimana mengimplementasikannya dalam hidup sehari-hari.

3. Sasaran yang ingin dicapai

1. Memperdalam wawasan santri/murid makna yang terkandung dalam Ibadah-ibadah yang diperintahkan aAgama sehinggah mampumengimplementasikan nilai-nilai Ajaran didalamnya pada kehidupan sehari-hari.

2. Membentuk kemampuan santri/murid dalam membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah-kaidah bacaannya.

3. Melatih keterampilan dan kedisiplinan santri/murid dalam menjalankan ritual Agamanya.

4. Santri/murid mampu membaca dan memahami kitab-kitab Salaf.

4. Profil

  • Profil Madrasah Diniyah Darussalam terlampir :

5. Waktu dan tempat

Madrasah Diniyah Darussalam, dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu, Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis

Waktu : 14.00-17.00 WIB

Tempat : Gedung Madrasah Diniyah Darussalam Guyangan Kemlagigede Turi

(Jadwal Terlampir)

6. Santri

Santri Madrasah Diniyah Darussalam adalah semua siswa – siswi Madrasah Ibtidaiyah, SDN Kemlagigede dan sebagian siswa – siswi MTS yang ada di Dusun Tawangrejo semuanya berjumlah .........

(Data Santri Terlampir)

7. Ustadz / Ustadzah

Ustadz / Ustadzah Madrasah Diniyah Darussalam adalah sebanyak 7(tujuh) orang.

(Data Terlampir)

8. Sumber Dana

Sumber dana yang diperoleh Madrasah Diniyah Darussalam adalah :

1. Donatur Tetap

2. Infaq / sumbangan santri

3. Lain lain yang halal

9. Penutup

Demikian proposal permohonan izin operasional Madrasah Diniyah Darussalam ini kami buat, agar proposal ini berkelanjutan kami mohon Bapak berkenan mengabulkan dan memberi izin atas terlaksananya Madrasah Diniyah Darussalam, serta sebelumnya disampaikan banyak terima kasih.



Selengkapnya anda dapat mendownloadnya Disini >>>



Related Post: