MAKALAH ILMU GIZI DEFISIENSI BESI MAKALAH ILMU GIZI DEFISIENSI BESI

MAKALAH ILMU GIZI DEFISIENSI BESI

BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang
Masalah gizi merupakan masalah kompleks dimana maslah ini dapat mengakibatkan banyak maslah lain. Yang pada akhirnya dapat menimbulkan kondisi sakit. Untuk itu dalam proses kehidupan gizi sangatlah penting.
Anemia, disini merupakan sakit dimana tubuh mengalami defisiensi besi yang diakibatkan oleh pendarahan. Namun penyebab dari anemia itu sendiri tidak hanya disebabkan oleh pendarahan. Banyak faktor lain yang mempengaruhi. Disini apabila kita kaji dari teori Bloom dimana didapat 3 komponen utama yang dapat menjadi faktor penyebab dari suatu penyakit yaitu agens (sumber penyakit), host (pejamu), dan environment (lingkungan) ketiga unsur tersebut harus seimbang.
Anemia gizi defisiensi besi dapat diketahui melalui kadar Hb. Hb normal dari pria dewasa 13 g / 100 ml dan pada wanita 12 g / 100 ml. Namun penderita pada umumnya adalah wanita, akibat menstruasi, kehamilan serta menyusui. Selain itu juga terjadi pada bayi dan anak dimana kebutuhan gizi awan besi tinggi seiring pertumbuhan tubuh yang cepat.

2. Tujuan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah ilmu gizi. Disamping itu juga untuk menambah wawasan kita tenyang gizi khususnya mengenai anemia defisiensi besi. Sehingga kita lebih mengerti bagaimana gejala serta pengobatannya. Selain itu kita juga dapat mengetahui atri penting pemenuhan kebutuhan gizi bagi tubuh kita.


3. Rumusan Masalah
Makalah ini tersusun atas rumusan masalah, dibawah ini :
1. Apa definisi Anemia Defisiensi Besi ?
2. Apa saja faktor penyebabnya jika ditinjau dari teori bloom ?
3. Bagaimana gejala klinis serta diagnosanya ?
4. Bagaimana penatalaksanaan pada penderita anemia ?


Selengkapnya Download DISINI >>>

Related Post: