LAPORAN PENDAHULUAN DENGAN KASUS PERUBAHAN SENSORI PERSEPSI : HALUSINASI DENGAR LAPORAN PENDAHULUAN DENGAN KASUS PERUBAHAN SENSORI PERSEPSI : HALUSINASI DENGAR

LAPORAN PENDAHULUAN DENGAN KASUS PERUBAHAN SENSORI PERSEPSI : HALUSINASI DENGAR

LAPORAN PENDAHULUAN DENGAN KASUS PERUBAHAN
SENSORI PERSEPSI : HALUSINASI DENGAR

1. Kasus (Masalah Utama)
Perubahan sensori persepsi : halusinasi dengar.
2. Proses terjadinya masalah
2.1 Pengertian
2.1.1 Halusinasi adalah persepsi tentang objek bayangan dan sensasi yang timbul tanpa stimulus eksternal. Individu mendengar suara tanpa adanya rangsang akustik. la melihat seekor kucing di tempat tidurnya tanpa adanya sesuatu yang dapat dilihat atau mencium bau racun tanpa adanya sesuatu yang merangsang indra penciuman (Budi Anna Keliat, 1998)
2.1.2 Halusinasi adalah hilangnya kemampuan manusia dalam membedakan rangsangan internal (pikiran) dan rangsangan eksternal (dunia luar). Klien memberi persepsi atau pendapat tentang lingkungan tanpa ada objek atau rangsangan yang nyata. Misalnya klien mengatakan mendengar suara padahal tidak ada orang yang berbicara (G. W. Stuart dan S.J. Sunden 1995)
2.1.3 Halusinasi sensori persepsi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami perubahan dalam jumlah dari stimulus yang mendekati (yang diprakarsai oleh secara internal/ eksternal) disertai dengan pengurangan berlebih-lebihan distori atau kelainan berespon terhadap suatu stimulus (Towsend, 1998).


Selengkapnya Download Disini >>>

Related Post: