Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai rujukannya yang merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan melibatkan peran serta masyarakat Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai rujukannya yang merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan melibatkan peran serta masyarakat

Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai rujukannya yang merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan melibatkan peran serta masyarakat

BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Salah satu bentuk upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal adalah pelayanan kesehatan melalui Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai rujukannya yang merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan melibatkan peran serta masyarakat.
Keperawatan komunitas merupakan salah satu dari bagian dari tugas profesi Keperawatan dengan tugas pokok yang berhubungan dengan pencegahan penyakit, peningkatam status kesehatan, pelayanan pengobatan dan pemeliharaan kesehatan yang diharapkan pada akhirnya masyarakat mampu menolong dirinya sendiri dalam mengatasi masalah kesehatan
Institusi pendidikan mempunyai tanggungjawab untuk menghasilkan tenaga kesehatan/tenaga keperawatan yang professional sehingga mampu mendukung dan menangani masalah kesehatan. Oleh karena itu, untuk mencapai suatu tujuan tersebut maka mahasiswa Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan di wajibkan mengikuti Praktek Keperawatan Komunitas di Puskesmas.
Disamping untuk menerapkan atau mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di Akademi juga untuk mengetahui Program puskesmas secara nyata di lapangan sehingga pada saat setelah lulus dari akademi Keperawatan Mahasiswa akan memperoleh banyak pengalaman tentang puskesmas dan dapat dipakai sebagai tambahan yang dapat menambah wawasan berfikir bagi mahasiswa akper Lamongan.
Puskesmas adalah satu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam kegiatan pokok. Puskesmas juga mempunyai tugas pokok yang terdiri dari : Penyuluhan Kesehatan Masyarakat, Upaya Kesehatan Lingkungan, KIA dan KB, Perbaikan Gizi Keluarga, P2M (Pencegahan Penyakit Menular), Pengobatan Usaha Kesehatan Sekolah, Kesehatan Olahraga, PKM (Perawatan Kesehatan Masyarakat), Kesehatan Kerja, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa Masyarakat, Upaya Kesehatan Mata, Usia Lanjut, Pengobatan Tradisional, Laboratorium Sederhana, System Pencatatan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP).
Beberapa upaya kesehatan yang memerlukan dukungan peran serta masyarakat antara lain berbagai pelayanan dasar Puskesmas, khususnya dalam hal kesehatan ibu dan anak, pemberantasan dan pencegahan penyakit menular, pelayanan kesehatan dan hal-hal yang mencakup semua usaha pokok melalui 18 program Puskesmas. Sebagai mahasiswa Akper dituntut untuk mengaplikasikan 18 program pokok Puskesmas tersebut dalam situasi yang nyata, yang dituangkan dalam pelaksanaan praktek klinik keperawatan (PKK) II di Puskesmas.
1.2. Tujuan
1.2.1 Tujuan Umum
Setelah melakukan praktek kerja lapangan diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di perkulihan yang meliputi 18 program pokok Puskesmas.
1.2.2 Tujuan Khusus
1. Mengenal peran fungsi dan tugas Puskesmas
2. Mengenal struktur organisasi dan mekanisme kerja lapangan di Puskesmas
3. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi Puskesmas
4. Mengenal tujuan dari masing-masing unit/program
5. Membantu dalam pelaksanaan kegiatan program Puskesmas
6. Membantu pelaksanaan pencatatan dan pelaporan Puskesmas


Selengkapnya Download Disini >>>>

Related Post: