Makalah Sejarah Lamongan Makalah Sejarah Lamongan

Makalah Sejarah Lamongan


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Suatu daerah, kota atau suatu wilayah pasti mempunyai sejarah dan latar belakang berdirinya daerah tersebut. Setiap daerah juga mempunyaii kesejarahan yang berbeda-beda dari daerah satu atau daerah lainnya, itu semua dikarenakan latar budaya yang dimiliki masing-masing daerah juga berbeda-beda.
Kesejarahan Kabupaten Lamongan dibanding dengan beberapa wilayah Kabupaten Lainnya di Jawa Timur seolah tenggelam dalam khasanah kesejarahan yang beredar di masyarakat Indonesia pada umum. Beberapa daerah kabupaten lain di sekitar Lamongan mungkin sangat dikenal oleh banyak orang baik dari aspek kesejarahan wilayahnya ataudari segi budayanya, kita ambil contoh Mojokerto dengan kerajaan Majapahitnya, Kabupaten Tuban dengan sejarah adipati Ranggalawe-nya yang juga terkenal pada era pemerintahan kerajaan Majapahit. Sejarah tidak banyak mencatat tentang keberadaan Kabupaten/wilayah Lamongan secara terperinci dibandingkan dengan Kadipaten atau Kerajaan Tuban terlebih bila dibandingkan dengan Majapahit.
Dalam makalah ini dijelaskan beberapa penggalan sejarah Kabupaten Lamongan yang telah berhasil dihimpun oleh Pemerintah Daerah Lamongan dan juga beberapa sumber lain yang saling menguatkan terhadap kesejarahan tersebut dan banyak lagi tenang penjelasan tentang sejarah wilayah Lamongan.

B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang makalah diatas diperoleh perumusan masalah sebagai berikut :
  1. Bagaimana gambaran wilayah lamongan pada masa pra sejarah ?
  2. Bagaimana asal usul lamongan ?
  3. Bagaimana perkembangan agama dan kebudayaan pada saat itu ?

C. TUJUAN PENULISAN
1. Untuk mengetahui bagaimana sejarah lamongan
2. Untuk memenuhi tugas dari bapak dan ibu guru disekolah

Selengkapnya Download DISINI >>>>

Related Post: