Makalah Ekonomi Manajemen Bab I Makalah Ekonomi Manajemen Bab I

Makalah Ekonomi Manajemen Bab I

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam masyarakat yang semakin maju, ternyata manajemen menjadi sangat penting. Sebab suatu masyarakat yang maju ditandai dengan semakin meningkatnya kecerdasan, kemajuan teknologi, sehingga telah dapat rasionalitas, efektifitas dan efesiensi sebagai nilai moral yang tinggi. Jika keadaan tersebut didukung oleh manajemen yang baik diharapkan masyarakat tersebut dapat mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan – kebutuhannya secara lebih tepat.
Meskipun manajemen merupakan sesuatu yang sangat penting namun perlu dimengerti bahwa manajemen merupakan lembaga dasar kita yang paling kurang dikenal dan dimengerti. Bahkan orang – orang dalam lingkungan sebuah koprasi kerap kali tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh manajemen mereka, dan apa yang harus dilakukannya sebagaimana manajemen bertindak dan mengapa demikian halnya.
Bagaimana besarnya perbedaan koperasi dengan bentuk usaha kumpulan modal, tidak berarti kopersi lepas dari funsi – fungsi manajemen untuk menangani usaha kopersi semua unsur – unsur manajemen kopersi harus bekerja menurut fungsinya masing – masing dalam serentetan kegiatan – kegiatan yang perlu dilaksanakan untuk mencapai tujuan bersama.




Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang masalah tersebut diatas maka penulis menerapkan perumusan masalah sebagai berikut :
Bagaimana peranan manajemen dibidang kopersi dan kebijakan yang berkaitan dengan fungsi manajemen ?
Sistem – sistem kerangka apa saja yang menilai kemampuan koperasi menarik input dana tersebut ?
Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah tersebut, bahwa penelitian perlu tujuan yang hendak dicapai penulis dalam penulisan makalah ini antara lain :
Untuk memperoleh gambaran secara jelas mengenai peranan manajemen dibidang koperasi.
Untuk mengetahui kebijakan apa saja yang berkaitan dengn fungsi manajemen.
Untuk mengetahui system kerangka apa saja yang ada didalam koperasi.

Related Post: